1. Mengapa manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai
manajemen permintaan ?
Karena Manajemen pemasaran ialah suatu analisis,perencanaan,implementasi,dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun
dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasi,oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut
juga sebagai manajemen permintaan.
2. Perbedaan kebutuhan dan
keinginan berdasarkan konsep initi pemasaran
Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan
dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada
dan terukir dalam hayati kondisi manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas
tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan
institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang
didukung dengan
Kemampuan serta kesediaan membelinya. Keinginan menjadi
permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa
pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya. Pemasar
mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok,
menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
3. Perbedaan pasar dengan
pemasaran
a. Pasar
Pasar adalah Kelompok individual (perorangan maupun
organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli
dan berminat merealisasikan pembeliannya.
b. Pemasaran
Pemasaran adalah Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis
(profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau
jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
4. Sebutkan dan jelaskan yang
dimaksud Bauran Pemasaran ( Marketing Mix)
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan
istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu
sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah
sebagai berikut:
1) Produk (product)
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar
untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen.
2) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh
konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang
dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli
produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah
satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai
sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan
produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten
dan efektif.
3) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk
tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar
konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
4) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan
untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen
sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
0 comments:
Post a Comment