Friday, October 3, 2014

Tugas PKTI 1A

Sejarah Komputer:
Generasi Pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
                                                                                                      
Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.


1.1.            DEFINISI KOMPUTER

Komputer ( Computer ) diambil dari bahasa latin yaitu : Computare yang berarti menghitung ( to Compute ).

Beberapa Definisi dari komputer, dapat disimpulkan yaitu :

a.       Alat Elektronik
b.      Dapat menerima input data
c.       Dapat mengolah data
d.      Dapat memberikan informasi
e.       Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer ( stored program )
f.       Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
g.      Bekerja secara otomatis


1.2.            SEJARAH & PERKEMBANGAN KOMPUTER

v     Sekitar tahun 2500 sm. ditemukan alat Bantu hitung yang bernama ABACUS tahun 1200 di kembangkan dengan dasar system bilangan desimal.

v     Tahun 1614 , John Napier ahli matematika Scotlandia, menciptakan alat yang dibuat dari tulang untuk perhitungan perkalian NAPIER’S BONES

v     Tahun 1642  , Blaise Pascal ahli matematika dan filsafat besar dari Perancis, membuat alat hitung mekanik PASCAL’S MACHINE ARITHMETIQUE atau THE PASCALINE.

v     Tahun 1804 , Joseph Marie Jacquard penenun dari perancis menggunakan mesin tenun yang beroperasi dengan kartu plong secara otomatis JACQUARD’S LOOM.


v     Tahun 1822, Charles Babbage ahli matematika dari Cambridge University di Inggris , menciptakan alat yang disebut BABBAGE’S DIFFERENCE ENGINE. Tidak selesai , tahun 1833 lanjut dengan nama BABBAGE’S ANALYTICAL ENGINE, mesin ini merupakan prinsip dasar kerja komputer sekarang, Charles Babbage dianggap sebagai Bapak Komputer Modern

2.         PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER

2.1.      Siklus Pengolahan Data
 






Pengolahan Data :
Suatu Proses yang menerima data sebagai masukan ( Input ) , lalu  diproses oleh program tertentu, dimana hasil dari pengolahan data tersebut dikeluarkan dalam bentuk informasi ( Output ).
Data : Nama yang di berikan dalam bentuk fakta dasar
Informasi : Data yang sudah di ubah menjadi yang lebih berguna atau lebih dimengerti


Sistem Komputer :
1.            Software
2.            Hardware
3.            Brainware

Program untuk menjalankan perangkat keras :
-         Language Software
-         Aplication Software
-         Operating System


Language Software terbagi menjadi tiga, yaitu :
-         Assembler
-         Interpreter

-         Complier

0 comments:

Post a Comment