Tuesday, October 14, 2014

Tugas 1

Sistem perekonomian merupakan suatu hal penting karena mempengaruhi kegiatan bisnis, dan terdapat berbagai kegiatan system ekonomi. Seperti di bawah ini…

Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting. Aset ekonomi atau modal negara dapat digambarkan secara nyata dengan jumlah kapital (mineral berharga, terutama emas maupun komoditas lainnya) yang dimiliki oleh negara dan modal ini bisa diperbesar jumlahnya dengan meningkatkan ekspor dan mencegah (sebisanya) impor sehingga neraca perdagangan dengan negara lain akan selalu positif. Merkantilisme mengajarkan bahwa pemerintahan suatu negara harus mencapai tujuan ini dengan melakukan perlindungan terhadap perekonomiannya, dengan mendorong eksport (dengan banyak insentif) dan mengurangi import (biasanya dengan pemberlakuan tarif yang besar). Kebijakan ekonomi yang bekerja dengan mekanisme seperti inilah yang dinamakan dengan sistem ekonomi merkantilisme.

Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar.[1][2] Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

Komunisme adalah suatu sistem perekonomian di mana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. Setiap orang tidak diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi, sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan kebersamaan. Namun tujuan sistem komunis tersebut belum pernah sampai ke tahap yang maju, sehingga banyak negara yang meninggalkan sistem komunisme tersebut.

Sosialisme adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis-jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara seperti air, listrik, telekomunikasi, gas lng, dan lain sebagainya.

Ekonomi fasisme adalah kebijakan-kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintahan fasis.
Sejarawan dan kaum terpelajar lainnya berselisih paham dalam hal pertanyaan apakah tipe kebijakan ekonomi dapat dikatakan berwujud secara spesifik. Baker berdalil bahwa terdapat sistem ekonomi yang dapat dikenali dalam fasisme, yang memuat karakteristik pokok yang diamalkan oleh bangsa-bangsa fasis, yang berbeda dengan sistem ekonomi.

Demokrasi Ekonomi, artinya produksi dikerjakan oleh semua masyarakat dan untuk semua di bawah pimpinan atau pemilihan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. Sistem ekonomi di Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta GBHN, sehingga disebut sebagai "Sistem Ekonomi Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Pancasila"



Bisnis terbagi menjadi dua, yaitu bisnis yang hanya mengejar keuntungan dan bisnis yang tidak mengejar keuntungan

Menurut saya bisnis yang hanya mengejar keuntungan adalah bisnis yang berfokus pada keuntungan semata. Si penjual harus berpikir bagaimana caranya mendapatkan keuntungan sebanyak-banyak nya dan meminimalisasikan kerugian yang akan dia dapat. Contoh bisnis yang hanya mengejar keuntungan semata adalah;
-          showroom mobil
-          showroom motor
-          peminjaman biaya kredit


Dan bisnin yang tidak mengejar keuntungan menurut saya adalah bisnis yang di dalam nya hanya bertujuan untuk beribadah atau beramal, tidak berfokus pada keuntungan. Contoh bisnis yang tidak hanya mengejar keuntungan adalah;
-          panti asuhan
-          yayasan anak yatim
-          yayasan haji/umroh



Pandangan masyarakat sekarang dengan pandangan masyarakat zaman dulu tentang profesi bisnis…


Menurut saya pandangan masyarakat dulu dan sekarang tentang profesi bisnis sangat berbeda, kenapa? Karena era perubahan zaman dari dulu dengan sekarang sangatlah berbeda. Masyarakat zaman dulu masih berpusat pada pekerjaan seperti; petani, nelayan, berkebun dan sebagainya. Itu di sebabkan karena pengaruh tekhnologi yang juga masih rendah.

Pandangan masyarakat zaman sekarang tentang profesi bisnis semakin maju, di karena era zaman yang sudah berubah dan di tambah sumber informasi dan tekhnologi yang semakin canggih. Di zaman sekarang ini serba mudah, apapun yang kita ingin lakukan bisa menggunakan internet. Contoh nya saja banyak sekali masyarakat yang berbisnis menggunakan cara online, tanpa harus bertemu langsung kita sudah bisa berjualan dengan masyarakat di seluruh Indonesia menggungan bisnis online 

0 comments:

Post a Comment